GuidePedia


 Bogor, Global Post 
Pemeritah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, berkunjung ke Kabupaten Bogor, untuk mempelajari tentang penataan aset daerah serta bertukar pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintahan dan pembangunan daerah. Rombongan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul yang dipimpin oleh Sugito yang disambut oleh Assisten Pemerintahan Kabupaten Bogor Roni Sukmana di terima di Ruang Rapat III, (26/04). Kabupaten Bogor memiliki target dan berbagai kebijakan penerimaan pendapatan daerah. Pertama, kebijakan intensifikasi dan ekstensifikasi pendapatan. Kedua, pelayanan prima administrasi pajak daerah dan retribusi  daerah. Ketiga, koordinasi yang intensif dengan pemerintah pusat dan provinsi jawa barat guna meraih dana perimbangan yang memadai dan proporsional sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.
Khusus mengenai retribusi pemakaian kekayaan daerah Roni Sukama menerangkan dalam sambutan Bupati Bogor, retribusi pemakaian kekayaan daerah Kabupaten Bogor memiliki ketentuan tersendiri yang termuat dalam perda Kabupaten Bogor Nomor 12 tahun 2002 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan daerah yang kemudian diubah dengan perda nomor 2 tahun 2006.
Berdasarkan ketentuan tersebut objek retribusi adalah setiap pelayanan pemberian hak pemakaian kekayaan daerah untuk jangka waktu tertentu yang meliputi pemakaian tanah, bangunan, kendaraan atau alat-alat berat, jasa alat perlengkapan kantor dengan besaran tarif sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Namun, kata Roni Sukmana, ada perkecualian dari ketentuan retribusi pemakaian kekayaan daerah, yakni pemakaian kekayaan daerah untuk kegiatan keagamaan dan pemakaian kekayaan daerah yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga.
Bagian terpenting dari upaya peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi bukanlah semata-mata penguatan dari aspek yuridis, akan tetapi inplementasinya dalam mendorong para wajib pajak serta para penerima manfaat untuk melaksanakan kewajiban perpajakan dan retribusinya secara tepat, baik tepat jumlah maupun tepat waktu. (dauri/sop)
 
Top