Minggu, 03 April 2011

Memberdayakan Sektor Tambang Musi Rawas


Potensi di sektor pertambangan yang dimiliki kabupaten paling ujung barat Sumaatera Selatan ini adalah pontensi besar yang dapat diandalkan untuk membiaya pembangunan bumi lan srasan sekentenani. Potensi di bidang energi ini merupakan harta karun yang dimiliki dan harus  dikelola serta dimanfaatkan dengan baik, agar dapat dipergunakan sebagai ongkos untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 Meskipun demikian, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas  punya aturan yang yang sudah baku, yakni dengan menetapkan  tiga syarat bagi investor untuk menggali sumber daya alam. Pertama bermanfaat bagi masyarakat setempat, yang kedua bermanfaat bagi pemerintah baik daerah, provinsi maupun pusat, yang ketiga memikirkan untuk generasi ke depan.

One Day Services Untuk Investor Tambang
Dalam rangka mewujudkan Musi Rawas lebih sejahtera, berbagai kebijakan dan konsep pembangunan telah berjalan di Musi Rawas. Tidak terkecuali dalam rangka memudahkan dalam pelayanan administarsi perizinan, yakni menerapkan pelayanan yang mudah dan cepat, dengan cara pealayanan satu hari selesai (One day Services) khususnya bagi investor pertambangan.

Dengan potensi SDA yang ada di Kabupaten Musi Rawas ini memungkinkan daerah ini akan menjadi salah satu daerah tujuan utama investor untuk menanamkan investasinya. Sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Musi Rawas ibaratnya seperti rumah yang memiliki banyak harta karun. Kalau rumah tersebut tertutup tentu harta karunnya tidak akan ditemukan sehingga kerannya harus dibuka seluas luasnya bagi investor untuk menanamkan investasinya.

Dengan sistem pelayanan seperti itu, jelas akan memudahkan para investor yang akan menanamkan investasinya di Musi Rawas. Sistem pelayanan perizinan seperti itu telah terbukti dengan banyaknya investor yang berinvestasi di Musi Rawas, baik di bidang petambangan maupun di sektor lainnya. ”Kita menerapkan sistem pelayanan perizinan  mudah dan cepat atau kita sebut one day sevices sebagai pelayanan prima kepada para investor untuk berinvestasi,” kata Ridwan Mukti, Bupati Musi Rawas.

Bukan sekedar pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat, pemerintah Musi Rawas terus bekerja keras untuk menggenjot  pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki daerah ini. Selain mempermudah pelayanan perizinan, Pemerintah Kabupaten Mura juga menyiapkan infrastruktur dasar. Bukan hanya bagi masyarakat, tetapi juga bagi calon investor, salah satunya memperkuat sektor transpotasi. Salah satunya dengan pengoperasian Bandara Silampari yang bertujuan untuk memperpendek jarak tempuh dari dan ke Musi Rawas.
Sekarang ini sudah puluhan investor yang mengantongi perizinan di kabupaten Musi Rawas, baik di bidang pertambangan, pertanian maupun perkebunan. Dalam hal ini pemerintah mempunyai perhitungan yang matang untuk  pengelolaan SDA dengan memberikan fasilitas kemudahan perizinan tersebut artinya fasilitas yang diberikan bukan berarti menggadai SDA dengan nilai murah, tetapi tujuan akhirnya pembangunan Musi Rawas yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Adv)

Komitmen Peduli Lingkungan

Potensi di bidang energi ini memang merupakan harta karun yang sangat besar di Kabupaten Musi Rawas. Namun, Ridwan Mukti selaku Bupati Musi Rawas tidak mau gegabah melaksanakan pembangunan, harus diperhitungkan manfaat dan pertimbangan lingkungan secara matang.
                
 “Jangan hanya karena tergoda keuntungan yang besar tetapi kita merusak lingkungan yang pada akhirnya akan merugikan generasi yang akan datang” tegas Ridwan Mukti.

Bupati selalu mengingatkan kepada leading sektor perizinan untuk tidak mengeluarkan atau memberi izin khususnya di sektor pertambangan kepada investor secara sembarangan tanpa memperhitungkan manfaat dan pertimbangan lingkungan yang matang. Pertimbangan lingkungan yang tejaga dengan baik menjadi syarat mutlak untuk mengeluarkan izin bagi investor pertambangan sebab bukan hanya keuntungan yang dicari daerah ini tetapi juga harus memikirkan nasib generasi yang akan datang.

            
 “Dengan berbagi kemudahan dan pelayanan prima yang diberikan bumi lan serasan sekentenan ini kepada para investor, tentu bukan hanya keuntungan dari tingginya nilai jual SDA yang dimiliki. tetapi tentu harus dibarengi dengan komitmen untuk pelestarian lingkungan,” tegas Bupati.
          
            
 Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Musi Rawas Johan Firdaus mengatakan bahwa pihaknya selalu mengungkapkan kemudahan dan pelayanan yang diberikan kepada investor diikuti dengan pengawasan terhadap operasionalnya, sehingga dapat bersinergi dengan lingkungan sosial masyarakat dan pelestarian lingkungan.

             
“Kita memiliki pungsi pengawasan terhadap perusahaan pertambangan yang ada di Musi Rawas, tentu saja apabila melanggar dari aturannya seperti tidak mengindahkan keselamatan lingkungan maka akan ada sanksi tegas,” tandasnya. (Adv)


Pendapatan Sektor Pertambangan
Sebagai Ongkos Pembangunan

Kabupaten Musi Rawas kaya akan potensi bahan tambang seperti minyak dan gas. Ada emas, tembaga, galena dan tambang lain. Dari pertambangan ini daerah akan menjadi pusat investasi. Untuk menyambut para investor itulah kita membangun infrastruktur strategis. Selanjutnya pemkab juga akan membangun terminal petikemas. Untuk pengangkutan hasil tambang batu bara, punya dua miliar metrik ton atau 48 persen cadangan se-Sumatera Selatan.

Untuk saat ini ada sekitar tujuh perusahaan pertambangan minyak dan gas yang beroperasi di wilayah kabupaten Musi Rawas, dengan jumlah sumur yang di eksplorasi dan dieksploitasi mencapai 117 sumur, yang tersebar di kecamatan BTS Ulu, Muara Lakitan, Rawas Ilir dan Nibung. Produksi untuk minyak bumi di Musi Rawas mencapai  2.5 juta barel pertahun. Sedangkan untuk gas jumlah produksinya mencapai 211. 915. 819 MMBTU, jumlah ini terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Bupati Ridwan Mukti mempunyai kebijakan bahwa semua penerimaan daerah yang berasal dari energi dan pertambangan, termasuk dana bagi hasil, harus dibelanjakan untuk kepentingan infrastruktur pertanian dalam arti yang luas. Sasarannya, bila 40 tahun ke depan sumber daya alam (SDA)-nya sudah habis, maka petani tak perlu khawatir karena sarana pertaniannya sudah tersedia.

             
 Merujuk dari potensi dan sumber daya yang di miliki daerah Musi Rawas bukan hal yang mustahil cita – cita Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti yang bertekad menjadikan bumi lan serasan sekentenan ini sebagai pintu Gerbang Investasi Sektor Barat di Sumatera Selatan akan segera terwujud. Musi Rawas sudah banyak berubah dan perubahan itu membuat Musi Rawas menjadi kabupaten terdepan dan mampu disejajarkan dengan daerah lain.(adv/sapar)

Potensi MIGAS di Musi Rawas

MINYAK BUMI
Cadangan terbukti     :    61.786.6 MSTB
Cadangan Mungkin    :   10.728,0 MSTB
Cadangan Harapan   :    11.356,0 MSTB

GAS BUMI
Cadangan terbukti     :    585,94     BSCF
Cadangan Mungkin    :    152,18     BSCF
Cadangan Harapan    :    14,17       BSCF



Perusahaan Migas di Musi Rawas


No          Perusahaan        Lokasi    Keterangan
1              PT. Pertamina    Kecamatan Jayaloka, Musi Blok Produksi
2              PT. Medco E&P Indonesia            Kecamatan BTS Ulu         Produksi
3              PT. Tropik Energi Pandan              Kecmatan Megang Sakti dan Tuah Negeri             Eksploprasi
4              PT. Seleraya Merangin Dua          Kecamatan Rawas Ilir     Eksplorasi
5              PT. Akar Eriguna Energi  Kecamatan Muara Kelingi             Eksplorasi
6              PT. Conocco Philips         Suban Rawas Ilir               Produksi
7              PT. Petro China Karang Dapo      Eksplorasi
8              Indrilco Hulu Energi, LTD               BTS Ulu Kontrak Kerjasasama dengan Pertamina
  Sumber : Dinas Pertambangan Dan Energi


Investor Tambang Umum Di Musi Rawas

No          Nama Perusahaan           status    Lokasi    Cadangan
1              PT. Bara Sentosa Lestari                PKP2B
Study Kelayakan               Muara Lakitan dan Rawas Ilir       Cadangan Terukur
87.760.621 MT
2              PT. Tri Aryani      KP Eksplorasi Batubara  Rawas Ilir             Cadangan Terukur
296.192.954 MT
3              PT. Sriwijaya Bintang Tiga             KP Eksplorasi Batubara  Megang Sakti
Muara Kelingi
Muara Lakitan   Cadangan terindikasi
116.056.521 MT
4              PT. Brayan Bintang Tiga KP Eksploitasi Batubara Muara Kelingi
Muara Lakitan
Rawas Ilir             Cadangan Terindikasi
121.391.288 MT
5              PT. Sugico Pendragon Energi       KP Eksploitasi Batubara Rawas Ilir             4.431.270,03 MT
6              PT. Mindoro Tiris Emas  KK Emas ( Study Kelayakan)        Ulu Rawas
Karang Jaya        39.145 Au
Emas 0,33gr/ton
7              PT. Mandiri Agung Jaya Utama   KP Eksploitasi (Batu Besi)              Ulu rawas            800. 000 MT
8              PT. Galtam Sumatera Minerals   KP Eksplorasi (Black tin) Karang Jaya
Ulu Rawas           25.600 000 MT
9              PT. Karya Bumi Baratama              PKP2B   Ulu Rawas           Potensi
10           PT. Nusantara Bara Resources    KP Eksplorasi Batubara  Muara Kelingi
Megang Sakti
Muara Lakitan   Potensi
11           PT.Banyan Koalindo Lestari          KP Eksplosari Batubara  Rawas  Ilir            Potensi
12           PT. Graha Nusa Minergi                KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Kelingi    Potensi
13           PT. Dutasura Surya Tama              KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Lakitan   Potensi
14           Tanjung Mas Sentosa Jaya           KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara lakitan
Muara Kelingi    Potensi
15           Pt. Dwiprima Usaha Perkasa       KP Penyelidikan Umum Batubara             Nibung Potensi
16           PT.Stasiunkota Sarana Permai    KP Penyelidikan Umum Batubara             Nibung Potensi
17           PT. Putra Djahasa             KP Penyelidikan Umum Batubara             Ulu Rawas           Potensi
18           PT. Galtam Sumatera Minerals   KP Eksploitasi (Black tin)                Ulu Rawas
Rawas Ulu           25 600 000 MT
19           Duta Tambang Batubara               KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Beliti
Jayaloka
BTS Ulu Potensi
20           Duta Tambang Nusantara             KP Penyelidikan Umum Batubara             Jayaloka               Potensi
21           PT. Dua Inti Tambang Nusantara               KP Eksplorsi Batubara     Rawas Ilir             Potensi
22           PT.Vipronity Power Energi           KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Lakitan
Muara Kelingi    Potensi
23           PT. Gerindo Laksana Karya           KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Kelingi    Potensi
24           PT. Jaya Manggala Sakti KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Kelingi    Potensi
25           PT. Muara enim Power Energi    KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Lakitan
BTS Ulu Potensi
26           PT. Delapan Inti Power  KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Lakitan
Muara Kelingi    Potensi
27           PT. Tansri Madjid Energi                KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Kelingi   
Potensi



28           PT. Dua Inti Tata Nusantara         KP Eksplorasi Galena (PbS)          Ulu Rawas           Potensi
29           PT. Gorby Energy
PT. Gorbi Putra Utama   KP Eksplorasi Batubara  Rawas Ilir             12 544 000 MT
11 455 576 MT
30           PT. Bintang Delapan Mineral       KP Eksplorasi Galena, Seng dan Tembaga              Ulu Rawas          
31           PT. Panca Metta               KP Eksplorasi Galena, Seng dan Tembaga              Ulu Rawas           Potensi
32           PT. Nusa Palapa Minerals             KP Eksplorasi Emas DMP               Karang Jaya        Potensi
33           PT. Dwinad Nusa Sejahtera         KP Eksplorasi Emas DMP               Karang Jaya
Rupit     Potensi
34           PT. Andalas Bumi Persada            KP Penyelidikan Umum Batubara             Rupit     Potensi

35           PT. Gemilang Pusaka Pertiwi       KP Penyelidikan Umum Batubara             Rawas Ulu           Potensi

36           PT. Lemindo Inter Mulkon           KP Penyelidikan Umum Batubara             Megang Sakti     Potensi

37           PT. Mitra Niaga Mulya    KP Penyelidikan Umum Batubara             Karang Dapo      Potensi
38           PT. Pahala Buana Abadi KP Penyelidikan Umum Batubara             Nibung Potensi
39           PT. Tambang Sejahtera Bersama               KP Penyelidikan Umum Batubara             Muara Lakitan   Potensi
40           PT. Mura Reka Batubara               KP Eksplorasi Batubara  Nibung Potensi
                 Sumber : Dinas Pertambangan MusiRawas

0 komentar:

Poskan Komentar