Senin, 18 April 2011

Lomba Desa Desa Darat Sawah Siap Maju Ke Tingkat Nasional


Bengkulu Selatan, Global Post - Desa Darat Sawah adalah salah satu desa yang mengikuti lomba desa di Kabupaten Bengkulu Selatan dan sebagai wakil dari Kecamatan Seginim, yang puncak acaranya dilaksanakan, Selasa (12 April 2011), di halaman kantor Kepala Desa Darat Sawah. Dalam acara yang berlangsung meriah itu, tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan Susman Hadi Sp MM, Camat Seginim Drs Edi Hartawan Msi, seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Seginim, tokoh masyarakat, tokoh agama dan elemen masyarakat lainnya. Mereka berbaur menjadi satu, sehingga nampak keakraban di tengah-tengah acara tersebut
Camat Seginim Drs Edi Hartawan M.Si yang ditemui Global Post, mengatakan bahwa acara lomba desa adalah salah satu kepedulian pemerintah untuk memotifasi pemerintahan desa untuk lebih maju. Selain itu, lomba desa juga merupakan pembinaan terhadap Kepala Desa (kades) dan perangkatnya.
“Hendaknya pemerintahan desa jangan karena ada perlombaan desa saja baru ada pembenahan, akan tetapi setelah lomba ini tidak ada pembenahan lagi. Pembenahan secara administrasi harus terus ditingkatkan. Begitu juga pelayanan masyarakat, kebersihan lingkungan, kesehatan dan pendidikan,” ujarnya.

Edi panggilan akrab Camat, juga menambahkan bahwa dalam perlombaan ini hendaknya desa tersebut bukan saja mengharapkan atau mengutamakan kemenangan, akan tetapi dijadikan sebagai langkah awal untuk merancang pembenahan program kerja pemerintahan desa di masa yang datang. “Bila desa mendapatkan juara seharusnya diberikan penghargaan dan hadiah yang baik pula,” kata Edi.

Sementara Kepala Desa Darat Sawah, Kasman mengatakan, tujuan desanya mengikuti acara lomba desa ini adalah untuk belajar membenahi desa dalam segala bidangdalam pemerintahan desa. “Semoga kami dapat mengoreksi diri, apa yang merupakan kekurangan dan kelebihan yang dilakukan, baik secara administrasi maupun pelayanan lainnya,” katanya.

Di samping itu, kata kepala desa, “Tentunya kami sangat mengharapkan untuk menang,baik ditingkat Kabupaten maupun Provinsi.kalau bisa sampai ketingkat nasional.”


Kasman menambahkan bahwa perlombaan ini merupakan momen yang sangat bersejarah bagi dirinya sebagai kepala desa, perangkatnya dan seluruh masyarakat desa Darat Sawah. “Karena baru pertama kali ini desa mereka bisa mengikuti lomba desa dan sebagai wakil dari kecamatan Seginim,” jelas Kasman. (Usmady)

0 komentar:

Poskan Komentar