Global Post Terkini:
Home » » Naskah Ujian 4.396 Pelamar CPNS Kota Gunungsitoli Dimusnahkan

Naskah Ujian 4.396 Pelamar CPNS Kota Gunungsitoli Dimusnahkan

Editor By GLOBAL POST on Jumat, 17 Desember 2010 | 17.41


Gunungsitoli, Global Post
Walikota Gunugsitoli Ir Lakhomizaro Zebua setelah selesai ujian menghadiri pertemuan dengan pihak Polres Nias bersama koordinator tim seleksi UGM Ir. Yuda dan kawan-kawan dan Panitia Pengadaan CPNS Daerah Formasi Tahun 2010 Kota Gunungsitoli, yang diketuai Plt Sekda Drs Nehemia Harefa MM, untuk menyaksikan pembakaran naskah ujian pelamar yang 4.396 CPNS Kota Gunungsitoli, yang dilakukan Tim UGM, di samping kantor Walikota Gunungsitoli, Rabu (15/12) sore.

Pada saat berlangsung testing pelamar CPNS Kota Gunungsitoli sejak pukul 09.00 WIB s/d pukul 11.00 WIB,  Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua juga meninjau bersama Wakapolres Nias Kompol Baza Zebua SH, Kasat IntelKam Berlin  Jaya Zebua S.Sos, Plt Sekda Drs Nehemia Harefa MM, Asisten I Drs Firman Harefa M.SI, Kepala BKD Theodore Hulu S.Pd, Kabag Humas Henrik H Gulo BA dan wartawan dari berbagai media, di antaranya Karsani Polem dan Taripan Hutagalung.

Peninjauan yang dilaksanakan diawali di lokasi testing di SMA Negeri 1 Gunungsitoli yang dikoordinir Kadis Kesehatan Drs Edison Ziliwu MM,M.Si. Kemudian dilanjutkan di SMAS BNKP yang dikordinir Drs Martin Itali Zendrato MSP, di SMKS BNKP yang panitianya dikoordinir Motani Telaumbanua SH. Dilanjutkan lagi ke SMPN 1 Gunungsitoli, ke SMPN 3 Gunungsitoli, dan terakhir di SDN 1 Gunungsitoli yang diawasai Kurnia Zebua SE.

Hasil pemantauan saat berlangsungnya seleksi Ujian CPNS, peserta kebanyakan mengeluh. “Soal ujian kemampuan dasar sebanyak 100 soal yang dibuat/diujikan oleh UGM Jogyakarta kebanyakan tidak sesuai dengan disiplin ilmu kami,” ujar para peserta ujian CPNS alumni STIE Gunungsitoli Nasokhi Ita SE.

Soal-soal itu, kata dia, terdapat pada tes bakat skolastik yang 30 soal dan tes skala kemantangan yang 35 soal.  Sedangkan tes pengetahuan umum yang 35 soal kebanyakan dipelajari di bangku kuliah. Demikian juga soal yang diujikan kepada D-II, D-III dan SMK/SPK  ,jumlah soalnya sama dengan soal yang diujikan kepada S1 dan S2 sebanyak 100 soal. 

Yang paling mengeluh pada pengisian Lembar jawaban komputer (LJK) adalah alumni SLTA, karena jumlah soal yang dikerjakan sama banyaknya dengan jumlah soal tingkat sarjana (S-1). Pengerjaan soal juga sama-sama 2 jam yaitu dimulai pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB

Naskah Soal Dihanguskan
Kertas soal yang berjumlah 4.396 eksemplar dibakar setelah ditanda tangani berita acara oleh UGM, Ketua Panita Seleksi yang diketahui Kapolres Nias dhi Kabag OPS Kompol HR Situmorang, Kasat Intel B Zebua SH dan Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua.
Kabag Ops Polres Nias HR Situmorang mengatakan bahwa  pelaksanaan seleksi pengadaan CPNS di Kota Gunungsitoli berjalan lancar. Menurutnya, selama pelaksanaan seleksi tidak ditemukan masalah dari pihak peserta seleksi maupun dari pihak penyelenggaran dan pihak luar. “Semua berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh UGM. Karena tidak ada masalah,  maka sisa LKJ yang belum terpakai dan bekas soal/soal yang 10 persen belum terpakai dapat dihanguskan dengan cara membakar,” katanya.

Di antara peserta seleksi CPNS tidak ditemukan yang namanya Joki, karena photo para pelamar di kartu peserta seleksi sama dengan wajah dengan orangnya.

Di tempat terpisah Kabag Humas dan Keprotokolan Setda Kota Gunungsitoli Henrik H Gulo BA  mengatakan apa yang telah diisyaratkan Ketua Komisi A DPRD Kota Gunungsitoli Meiman Harefa di beberapa media cetak terbitan Medan, tentang dugaan adanya calo yang mengiming-imingkan mampu memasukan pelamar menjadi PNS, tidak ditemukan kontak person atau SMS ke Hendphon 081361426026.

Karena tidak terdapat calo dan Joki, sehingga himbauan Walikota untuk meminta warga Kota Gunungsitoli melaporkan para calon dan joki tidak ada, termasuk melalui surat. “Pelaksanaan seleksi tahun ini bersifat jujur dan transparan,” ujar Kabag Humas. (w3z)
Bagikan Artikel Ini Ke :

Leony LiSku Global Post
Surat Kabar Umum, menyajikan berita secara Tegas, Jelas dan Akurat,berimbang sesuai undang undang Pers no 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik.
Ikuti : | +Google | Facebook | Twitter

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Berita Global Post Lainnya:
Breaking News close button
Back to top

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2009. Sku Global Post - Surat Kabar Umum | Tegas Jelas Akurat Redaksi | Menerima Artikel | Tulisan Kirim Via Email