Global Post Terkini:
Home » » Partangiangan Borsak Mangatasi Nababan Sukses Maddin Sihombing : Mari Kita Eratkan Persatuan Marga

Partangiangan Borsak Mangatasi Nababan Sukses Maddin Sihombing : Mari Kita Eratkan Persatuan Marga

Editor By GLOBAL POST on Jumat, 22 Oktober 2010 | 16.24



Medan, Global Post
Usai Musyawarah Besar (Muscab) Ke-IV PBMNBB (Parsadaan Borsak Mangatasi Nababan Boru Bere) se-Indonesia yang di buka di Silangit, Kecamatan Siborong-borong,  Kabupaten Toba Samosir, Selasa (12/10), dilanjutkan acara partangiangan borsak mangatasi nababan, Rabu (13/10) di Desa Lumban Dolok Tipang, tepatnya asal usul kelahiran marga Nababan di Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Dalam kesempatan ini  sekaligus dilakukan pelantikan ketua terpilih PBMNBB. Dari pengamatan Global Post di lokasi, kegiatan partangiangan borsak mangatasi nababan itu tampak sukses, termasuk pelantikan ketua terpilih PBMNBB se-Indonesia, Dr Anton Sihombing MM masa periode 2010-2015.


Tampak hadir dalam partangiangan itu, Bupati Humbang Hasundutan selaku tuan rumah, Drs Maddin Sihombing MSi beserta istri, Kabag Humas, Drs SDV Sihombing dan rombongan lainnya. Sebelum pelantikan, panitia membuat kegiatan partangiangan dengan tema: Ida ma dengganna I dohot sonangnai, molo tung pungu sahundulan angka na marhahamaranggil. Sedangkan sub temanya, marhite hasadaon sian unduk dohot serep ni roha jaloantar pasupasu sian Tuhan ta. 

Acara yang dimulai sekira pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB, biarpun sempat ada hujan, masyarakat marga Nababan maupun dari pihak boru dan bere yang berkunjung hingga ke pelantikanpun, sekitar 250 orang hadir dan tetap semangat mengikutinya.  Dalam kesempatan itu, Bupati Sihombing mengatakan dengan adanya parsadaan borsak mangatasi nababan boru-bere ini dapat mempersatukan antara kakak beradik.

Dimana, dengan sesuai themanya yang diambil dari, Psalm 133:1b agar kita dapat melihat bahwa alangkah indahnya apabila antara bersaudara bersama dengan rukun. Kemudian, lanjutnya, seperti dahulu kala waktu zamannya nenek moyang, mereka terus mendoakan keturunannya agar dalam bersaudara antara kakak beradik dapat hidup rukun.”jadi dengan parsadaan borsak ini, marilah kita dapat mempererat hubungan antara kakak beradik itu,” ujar Bupati.

Sekaligus, lanjut Maddin, terpilihnya bapak, Anton Sihombing Nababan selaku Ketua PBMNBB masa periode 2010-2015 mudah-mudahaan dapat membuat semakin eratnya marga-marga nababan ini ikut pihak boru dan bere. Disamping itu, Maddin juga merasa heran melihat ada rumah batak yang sudah berumur lebih dari 100 tahun masih berdiri kokoh ikut dengan tempat tidurnya yang bentuknya dari kayu. ”Saya baru tahu ada rumah batak sudah berumur lebih dari 100 tahun, selaku pemerintah akan kita cagar budayakan rumah ini,” katanya. Sementara itu,

Anton Sihombing selaku ketua terpilih saat diwawancarai Global Post mengatakan, dengan terpilihnya dirinya menjadi ketua PBMNBB, dia berencana untuk membuat koperasi untuk mempererat hubungan berkeluarga.    Anton menambahkan, wisata di Humbang Hasundutan perlu dimajukan. Dia mengaku sudah meminta kepada Bupati Humbahas, agar wisata dapat dikembangkan dan peninggalan sejarah dapat dilestarikan. (Bangun)

Bagikan Artikel Ini Ke :

Leony LiSku Global Post
Surat Kabar Umum, menyajikan berita secara Tegas, Jelas dan Akurat,berimbang sesuai undang undang Pers no 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik.
Ikuti : | +Google | Facebook | Twitter

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Berita Global Post Lainnya:
Breaking News close button
Back to top

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2009. Sku Global Post - Surat Kabar Umum | Tegas Jelas Akurat Redaksi | Menerima Artikel | Tulisan Kirim Via Email